Mengenal Reverse Osmosis

Pernahkah Anda mendengar tentang reverse osmosis? Apakah Anda tahu bahwa beberapa produsen air kemasan menggunakan reverse osmosis sebagai sarana memurnikan air mineral yang Anda minum? Sampai saat ini Reverse Osmosis tidak hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga, namun juga untuk kebutuhan lainnya seperti untuk kebutuhan industri maupun untuk memurnikan air laut yang dipergunakan kapal militer maupun komersial. Sehingga layak untuk dikonsumsi.

Reverse Osmosis (RO) sering digambarkan sebagai filtrasi, tetapi jauh lebih kompleks dari itu. Secara sederhana diartikan sebagai filter karena jauh lebih mudah untuk memvisualisasikan menggunakan istilah-istilah. Sebenarnya fenomena osmosis adalah bagaimana darah kita mengambil setiap sel dalam tubuh kita. Seperti darah kita dibawa masuk ke kapiler dalam tubuh kita, nutrisi justru melewati sel dinding untuk mempertahankan nya 'hidup.

Jika Anda mengambil botol air dan menempatkan membran semipermeabel di dalamnya, yang oleh 'konstruksinya meniru dinding sel, kemudian membagi jar menjadi dua bagian dan air tempat di kedua sisi membran ke tingkat yang sama , tidak ada yang terjadi. Tapi, jika Anda menempatkan garam, (atau bahan terlarut lainnya), Anda akan segera melihat bahwa tingkat air di yang asin mulai naik lebih tinggi dan sisi tawar menurunkan. Ini adalah tekanan osmotik alami. Kedua solusi akan terus berusaha untuk mencapai tingkat yang sama garam atau keseimbangan pada setiap sisi membran oleh air tawar melewati membran untuk mencairkan air asin.


Beberapa tahun yang lalu, para peneliti menemukan cara untuk membalikkan atau mengeksploitasi proses osmotik alam dan menggunakannya untuk memurnikan air laut. Mereka menemukan bahwa jika mereka mengambil membran semipermeabel yang sama dan air asin ke dalamnya dengan jumlah tekanan yang cukup  pada satu sisi membran, untuk mengatasi tekanan osmotik alami dari sisi lain, mereka benar-benar bisa "memproduksi" air bersih pada sisi membran yang tidak memiliki tekanan yang diterapkan untuk itu.

Tergantung pada desain membran dan bahan yang dipergunakan, jumlah TDS, (garam atau total padatan terlarut), pengurangan akan berkisar dari 80 sampai lebih dari 99 persen. Mineral yang berbeda memiliki tingkat penolakan yang berbeda, misalnya, tingkat penghapusan untuk TFC yang khas (Thin Film Composite) membran adalah 99,5% untuk Barium dan Radium 226/228, tetapi hanya 85,9% untuk Fluorida dan 94,0% untuk Mercury. Kontaminasi tingkat penghapusan juga tergantung pada pakan yang tepat untuk tekanan air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar