Pengenalan PHP

Data umum boleh diakses oleh semua pihak. Untuk membuat website yang dinamis dan mudah diupdate setiap saat dari browser, dibutuhkan sebuah program yang mampu mengolah data dari komputer klien atau dari komputer server itu sendiri sehingga mudah dan nyaman disajikan di browser. Salah satu program yang dapat dijalankan di server dan cukup andal adalah PHP. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjalan dalam sebuah web server dan berfungsi sebagai pengolah data pada sebuah server. Dengan menggunakan program PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website/komputer klien akan diolah dan disimpan pada database web server dan dapat ditampilkan kembali apabila diakses. Untuk menjalankan kode-kode PHP ini, file harus diupload ke dalam server.


Mengapa menggunakan PHP?
Pemrograman yang berjalan di server banyak sekali. Setiap program mempunyai kelebihan dan kekurangan. Saat ini banyak website yang menggunakan program PHP sebagai dasar pengolahan data. Beberapa keunggulan yang dimiliki program PHP adalah :
- PHP memiliki tingkat akses yang lebih cepat.
- PHP memiliki tingkat lifecycle yang cepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi internet.
- PHP memiliki tingkat keamanan tinggi.
- PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache, Microsoft IIS, PWS, AOLServer, phttpd dan Xitami.
- PHP mampu berjalan di linux sebagai platform sistem operasi utama bagi PHP, namun juga dapat berjalan di FreeBSD,Unix, Solaris, Windows dan yang lain.
- PHP juga mendukung akses ke beberapa database yang sudah ada, baik yang bersifat free ataupun komersial. Database itu antara lain MySQL, PostgreSQL, mSQL,Informix, dan MicrosoftSQL server.
- PHP bersifat free atau gratis.

Installasi Program PHP.
Untuk belajar PHP dan MySQL, Anda harus menyiapkan komputer yang mampu menjalankan PHP. Persiapan yang harus dilakukan adalah menginstal beberapa program antara lain web server, MySQL dan modul PHP yang telah didownload dari masing-masing website yang menyediakan program MySQL dan modul program PHP secara gratis.

Berikut ini beberapa website penyedia layanan download gratis, termasuk juga MySQL dan Apache server dalam satu bendel.

http://www.wampserver.com/en/download.php
http://www.apachefriends.org/en/xampp.html

1 komentar: