Facebook, Milliarder termuda dalam sejarah


Adalah Mark Zuckerberg mahasiswa psikologi Harvard kelahiran 14 May 1984 seorang anak muda yang tinggal di kos-kosan dan suka otak-atik komputer, saat itu tanggal 4 februari 2004 dia meluncurkan Facebook sebagai komunitas sosial site dikampusnya. nama Facebook sendiri diambil dari buku daftar anggota komunitas dalam satu kampus. Dia sebetulnya sudah merencanakan akan membuat Facebook jadi men-dunia.

Pada musim panas 2004 Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, dengan Dustin Moskovitz dan beberapa temannya. Menyewa sebuah rumah kecil yang dia sebut sebagai kantor pertamanya. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang sangat kuat yang menarik banyak orang untuk bergabung akhirnya zuckerberg memilih drop out dari kampusnya guna menekuni bisnis ini.

Setelah Facebook memiliki 1 juta anggota, kelompok ini menerima pembayaran untuk pertama kalinya dari pendiri PayPal sebesar USD 500.000, kemudian mereka menggandeng beberapa perusahaan modal ventura untuk membiayai bisnis ini.

Sampai tahun 2008 facebook telah memiliki anggota lebih dari 150 juta hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemasang iklan. Mark Zuckerberg sekarang memiliki kekayaan USD 1,5 milliar (sekitar 16,5 trilliun) dan ranking 785 orang terkaya didunia menurut majalah Forbes 2008 dan menobatkan Zuckerberg sebagai " The Youngest Self Made Billionaire on the Planet" anak muda terkaya dengan hasil keringatnya sendiri.

Sekarang ini Facebook bisa disebut "The New Google" artinya Zuckerberg dan pendiri lainnya bisa disetarakan dengan pendiri Google Inc, yaitu Larry Page dan Sergei Brin karena dalam waktu yang sangat singkat bisa menjadi salah satu ikon dunia internet.

Uniknya, kantor facebook tidak seperti kantor pada umumnya, lebih mirip sebuah asrama mahasiswa, mereka bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya, ada yang main gitar, bersepeda, main pesawat remote kontrol, atau bergoyang sambil bernyanyi. Tidak mengenakan pakaian rapi. Cukup celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka. karena Zuckerberg sendiri tidak menyukai kantor yang terlalu formal. Dan Zuckerberg sendiri masih suka tinggal di kos-kosan , dengan satu meja dan satu kursi dengan kasur diletakkan di lantai. Pulang pergi ke kantor lebih suka naik sepeda ontel atau berjalan kaki.

Sumber: Iklan Pos, http://en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar